All about helmet.

conclusion: (buat yg males baca)
Spending more money should keep your head cooler and provide more comfort. Ask the assistant in the shop to fit you a good helmet.:p.

Design.
1. Helmet dirancang bolong2 dengan fungsi pendingin area kepala.
2. Helmet ringan, agar gerakan kepala tidak terganggu+nyaman.
3. Helmet dibuat simpel tidak fullface (kecuali utk Sepeda downhill) utk mempermudah gerakan kepala. Agar jarak pandang mata cukup lebar.
4.helm menutupi bagian jidat,karena berfungsi menjaga benturan daerah forehead/jidat.pada pemasangan, sebaginya garis helmet bagian depan menutupi jidat/diatas Alis mata.
5.helm bagian belakang dibuat kokoh,menutupi bagian tengkorak belakang, agar bisa menjaga bagian otak belakang.
6.helm mtb kadang ditambah sirip dibagian depan untuk melindungi mata dari cipratan Lumpur/kotoran (jelas ttp butuh kaca mata).
7.pengikat helm menggunakan untaian tali yang Bisa diadjust kelonggaran, agar helm mampu "mengikat" kepala dengan baik.biasa adjuster kelonggaran dibagian belakang kepala. Dan diikat dengan sistem klip yang mudah dilepas.
8.tali strap helmet harus berbentuk V atau Y menjepit area telinga. Bila strap V area telinga terlalu kendor,ada kemungkinan helm lepas pada saat kecelakaan.
9. Kekencangan tali strap helmet dapat diukur pada saat pemasangan helmet, tali pengencangan harus berada dibawah dagu (area leher) dengan celah 2 buah jari. Tali tidak boleh lepas dari dagu.
10. Pastikan lingkar kepala anda/size masuk ke dalam helm dengan pas. Helm terlalu sempit mampu menghambat peredaran darah, yang Bisa menyebabkan pesepeda Black out tiba2 karena kekurangan oksigen /aliran darah ke otak.
11.material helm dibuat dari bahan ringan, berupa steryofoam atau busa, dengan lapisan kain empuk. Helm baik lapisan kain empuk dengan  lapisan velcrow agar mudah dicuci.

Tips bersepeda pas hujan:
Siapkan shower cap,(berpergian jangan lupa untuk mengambil shower cap di kamar hotel). Pasangkan shower cap di bagian luar helmet. Pada saat hujan, agar kepala tidak terkena hujan.

Komentar