Nite Ride in Jakarta City

Banyak sekali response dari teman2 pesepeda, maupun orang Jakarta secara awam...

"Apakah bersepeda malam2 di Jakarta aman?",
atau
" buset lu ga takut di garong / palak di daerah "anu.."".
atau
" sehat tah olah raga malam2".

well, semua pasti ada konsekuensinya baik positif maupun negatif. Bersepeda malam2 pun demikian, konsekuensi negatif:
  • encok, masuk angin, perut kembung (kalau bersepeda malam dengan baju minim)
  • disamperin setan sampe preman, (kalo bersepeda di kuburan ato sarang preman)
  • diserempet motor hingga kopaja, (kalo nyerobot jalur motor atau ngotot dengan kopaja)
  • ditoel bencong, (siapa yang mulai duluan?)
  • dll (ga tega nyebutnya :D).
beberapa konsekuensi positif (menurut penulis):
  • ramah lingkungan
  • irit ongkos
  • fleksible (pas ga ada kopaja, angkot, busway yang melewati rute tsb) hingga bisa dituju kemana aja (saingannya cuma 2 bajaj dan ojek).
  • olah raga (minimal keringatan)
  • penghilang stress, setelah seharian dimarah bos - client, langsung deh bisa dilampiaskan nafsu amarah dengan menggenjot pedal sepeda kuat ^^
  • efek mencari kreativitas... setelah sumpek di pekerjaan seharian, bersepeda malam2 melihat keramaian kota jakarta dimalam hari bisa memberikan efek rileks. (kecuali kalo bersepeda di tempat macet #.#)
  • efek sosial --> bergaul dengan komunitas sepeda, kenalan teman
  • efek kuliner --> mencobai warung2 makanan yang low class but good taste (malu kalo disamperin naik mobil kali).
 Beberapa hal yang harus di perhatikan selama bersepeda malam hari
  • helmet is a must, yup pengendara sepeda malam sebaiknya memakai helm. Helm memberikan proteksi untuk memperkecil dampak bila terjadi kecelakaan khususnya bagian kepala. Banyak yang menganggap pake helm panas, sehingga enggan untuk memakainya. Kondisi bersepeda malam sangat rentan dengan kondisi jalan yang tidak bisa terlihat dengan jelas bila dibandingkan bersepeda siang hari
  • Good lighting system is a good investment, dengan senter berjarak tembak 5-10 meter, memberikan kemudahan buat biker untuk mengantisipasi jalan bergelombang, lubang pada jalan, batu, ataupun benda2 lain yang mungkin menghalangi laju sepeda anda. Dengan penerangan dari senter yang cukup terang, pengendara sepeda juga memberikan signal kepada pengendara mobil /motor dari arah berlawanan. Yakinkan untuk mengecek baterai senter anda sebelum anda bersepeda. Untuk senter sistem LED, kekuatan baterai dipengaruhi oleh kuat daya LED. Biasanya baterai senter akan melemah bila di pakai lebih dari 10 jam secara terus menerus (kecuali lampu senter dinyalakan pada mode kelap kelip).
  • be a "blink-blink"/glowing  rider, sebisa mungkin sepeda maupun biker  mudah terlihat oleh pengendara lain dalam kondisi gelap. Bisa berupa atribut yang berpedar karena adanya lampu senter,  lampu kelap kelip, baju berwarna cerah maupun  stiker yang berpendar. Usahakan atribut tersebut dapat terlihat minimal 10 m dalam kondisi gelap. Jarak ini merupakan jarak optimal bila kendara motor ato mobil mengerem dengan aman. 
  •  biker should act like a real rider. Pengguna jalan raya harus lah mentaati peraturan lalu lintas, etika berkendaraan para pengendara sepeda pun harus mengikuti etika berkendaraan lainnya (mobil /motor). Bila akan membelok usahakan memberikan signal dengan tangan dilambaikan kearah bawah. Berhubung jarak pandang yang terbatas pada saat bersepeda malam hari, sangat dianjurkan pesepeda memperlambat laju sepedanya untuk mengantisipasi pengereman mendadak maupun gangguan di jalan. Berusahalah untuk selalu merapat dibahu kiri. Pesepeda boleh melewati kendaraan yang sedang berhenti dengan memberikan signal mengambil sisi kanan terlebih dahulu serta memastikan diri pengendara dibelakang anda tau akan signal anda sebelum mulai melewati kendaraan tersebut.
  • watch  your shadow. haha bukan sebagai ninja / magician. Tapi tips ini cukup membantu untuk mengetahui apakah ada kendaraan dibelakang anda. Dengan melihat bayangan anda pada saat ada cahaya dari belakang, maka anda bisa memastikan bahwa ada objek (motor/mobil) dari arah jauh dibelakang anda. Dan bila bayangan itu makin dekat, makan bisa dipastikan objek (motor/mobil) tsb semakin mendekati anda. Hal2 ini bisa memberikan peringatan dini selama berkendaraan
  • money and  ID will save your night ride .biasakan untuk selalu membawa ktp, atau lampirkan pada dompet anda: nama, alamat dan  nomor telepon kerabat yang bisa dihubung, serta uang secukupnya. Membawa dompet tebal bukan merupakan opsi yang baik selain bisa memancing kejahatan, membawa dompet tebal membuat bersepeda tidak praktis. Nama, alamat dan nomor telpon sangat dibutuhkan bila anda mengalami suatu hal selama ber-nite ride.   Uang pun dibutuhkan untuk mencari tumpangan (taksi) bila kondisi tidak memungkinkan untuk melanjutkan acara bersepeda, atau membeli makanan selama perjalanan.  
  • ware your mask . bersepeda di jakarta maupun di kota besar Indonesia penuh dengan polusi. Meskipun kendaran yang lalu lalang di jalan semakin berkurang, kadar debu yang berterbangan di sekitar jalanan masih dalam taraf yang cukup membahayakan buat kesehatan pernapasan manusia. Untuk itu pastikan selalu memakai masker selama bersepeda,
  • Gembok, kunci ganda . Sebetulnya ini merupakan hal optional untuk pesepeda di kota2 Indonesia. Dengan kecenderungan bersepeda sambil menikmati wisata kuliner malam, seringkali sepeda terpaksa diparkir di suatu tempat. Untuk menjaga keamana sepeda anda, pastikan untuk mengunci ganda sepeda anda. Selain itu gembok / rantai sepeda ini bisa digunakan sebagai alat membela diri bila ditemukan hal2 yang tak terduga. 

Sekian beberapa tips dari pengalaman bersepeda malam hari, dibawah ini terdapat beberapa referensi dari luar negeri, silahkan untuk di lihat.
http://www.ehow.com/how_2160498_ride-bike-safely-night.html
 http://bicyclesafe.com/

Komentar

  1. yg bener aja naek sepeda pake lightning system ki :D
    jadi serasa legenda Yunani kalo Zeus marah suka maenan petir :D
    eh tapi emang jakarta aman ki naek sepeda malem2, kagak bakalan dirampok apa? temen gw cerita ada temennya hunting foto aja kameranya dipalak... kasian...

    BalasHapus
  2. hi mar.. sori salah tulis tar gue benerin. hem definisi aman agak susah sih, Mar. Apalagi Jakarta. Yang gue tulis sih cuma pengalaman gue hampir setiap hari senin malam tiap minggu selama 3 bulan bersepeda daerah jakarta pusat (bundaran HI, kuningan, casablanca, tanah abang) dengan range waktu dari jam 7-11 malam. Ya masih belum ada kejadian hahaha. Ya kalo di Indonesia mo hunting foto sebaiknya jangan sendiri lah, ato terkesan show off. ... semoga membantu

    BalasHapus

Posting Komentar